Tegas, TNI dari Kogabwilhan I Usir Coast Guard China di Laut Natuna

oleh

Tanjungpinang – Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I terus melakukan cara persuasif untuk mengusir Kapal Coast Guard China yang telah mengawal Kapal Ikan Cina yang menangkap Ikan di Laut Natuna Utara.

“Sampai sekarang kita terus melakukan Komunikasi aktif. Harapan kita mereka mau keluar dari wilayah Indonesia. Tetapi sekarang mereka masih bertahan,” ungkap Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono, kepada awak media, Minggu (5/1) Pagi di Mako Lanudal Tanjungpinang.

Hari ini, kata Yudo ada 4 ungsur TNI dari Kogabwilhan I yang akan digerakan untuk melakukan pengusiran terhadap Kapal Coast Guard China tersebut.

“Mulai besok kita akan kembali di Daerah tersebut,” bebernya.

Yudo tidak bisa memastikan kapan batas akhir dalam untuk pengusiran Kapal tersebut.

“Kita tidak ada batas waktunya, yang pastinya sampai mereka keluar pantai Natuna,” sebutnya.

Yudo membeberkan sampai saat ini hanya ada dua Kapal Coust Guard dan satu kapal ikan berbendera China. Karena sekarang Kapal Vietnam sudah tidak berani lagi memasuki perairan Indonesia.

“Sesuai dengan peraturan Internasional Kapal Coust Guardnya kita usir dan Kapal Ikan kita proses dengan Hukum yang berlaku di Indonesia,” tegasnya.

(Budi Mb)